You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Demangrejo
Kalurahan Demangrejo

Kap. Sentolo, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Demangrejo -- Perjuangan Bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia! .

Si Manis "Gula Kelapa": Pemanis Bahan Makanan Hasil Olahan Khas Desa Demangrejo

UGM 10 Agustus 2023 Dibaca 703 Kali
Si Manis

“Tetes demi tetes nira yang telah dikumpulkan mulai dari pagi hingga sore hari, yang kemudian akan diolah menjadi bahan makanan yang dianggap lebih sehat”, Gula Kelapa Bapak Tukidi. 

Gula kelapa atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Gula Jawa” ini adalah olahan bahan makanan terbuat dari bahan nira yang dapat disebut sebagai cairan pemanis yang dihasilkan dari tanaman kelapa. Gula kelapa ini seringkali dianggap sama dengan gula aren. Karakteristik warna gula kelapa yang terlihat coklat gelap kemerahan, membuat jenis pemanis ini kerap dijuluki atau disebut dengan gula merah. Memiliki citra rasa yang tinggi dengan tekstur lebih empuk saat kering dan memiliki rasa yang legit menjadi salah satu keunikan yang terkandung dalam bahan pemanis ini. 

Selain itu, gula kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung mineral besi, zinc, kalsium, dan potassium, bersama dengan asam lemak berantai pendek, polyphenols dan antioksidan yang dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh manusia. Dari beberapa kandungan yang ada di gula kelapa ini juga terdapat kandungan serat yang disebut inulin, yang bersifat dapat memperlambat proses penyerapan glukosa dan menjelaskan mengapa gula kelapa memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan gula tebu.

Bapak Tukidi atau yang kerap dipanggil dengan “Bapak Konang” ini, merupakan salah satu warga di Dukuh Belik, Kalurahan Demangrejo, yang memiliki usaha produksi gula kelapa di sana. Produksi gula kelapa yang dimiliki oleh beliau ini merupakan usaha yang sudah dijalani oleh keluarganya sejak turun temurun. Dimulai dari orang tua Bapak Tukidi yang sudah memproduksi gula kelapa selama 30 tahun lebih, yang kemudian dilanjutkan oleh Bapak Tukidi hingga menjadi seperti sekarang ini.

Dalam segi marketing usaha Bapak Tukidi dalam memasarkan produk olahannya ini yaitu, hasil gula kelapa yang telah selesai diproduksi akan di pasarkan atau dijualkan kepada tengkulak yang sudah menjadi pelanggan beliau dalam memasarkan produknya sejak dulu. Tak jarang juga ada masyarakat sekitar Dukuh Belik yang langsung mendatangi kediaman beliau untuk membeli gula kelapa produksi Bapak Tukidi ini.

Gambar Mahasiswa KKN-PPM UGM 2023 Mengunjungi Tempat Produksi Gula Kelapa (Sumber: Dokumentasi KKN-PPM UGM 2023)

Proses pembuatan gula kelapa ini dimulai dari, nira kelapa yang telah diperoleh dari hasil nderes atau dapat diartikan sebagai proses untuk mengumpulkan tetesan nira. Kemudian sebelum didihkan, nira disaring terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang berupa bunga kelapa hingga serangga. Selanjutnya, nira yang telah dididihkan akan dilakukan proses pencetakan menggunakan tempurung kelapa.

Gula kelapa tidak dapat digantikan oleh gula lain dalam resep, sebab gula tersebut memiliki kekhasan aroma, mineral, dan rasa. Serta gula kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita karena didalamnya terkandung beberapa zat-zat yang baik untuk tubuh. Dengan adanya potensi yang dapat dikembangkan dari gula kelapa ini, tentunya olahan bahan makanan ini dapat menjadi keunggulan maupun ciri khas yang dimiliki Desa Demangrejo.

Artikel ini ditulis oleh Avifudin Roza (KKN- PPM UGM 2023)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image