You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Demangrejo
Kalurahan Demangrejo

Kap. Sentolo, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Demangrejo -- Perjuangan Bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia! .

Perjalanan 23 Tahun Usaha Mebel Bapak Sumarno: Berawal dari Otodidak, Kini Menjadi Pelopor di Desa

UGM 09 Agustus 2023 Dibaca 631 Kali
Perjalanan 23 Tahun Usaha Mebel Bapak Sumarno: Berawal dari Otodidak, Kini Menjadi Pelopor di Desa

Mebel merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut furnitur atau perabot rumah tangga, seperti kursi, meja, lemari, sofa, tempat tidur, dan lain sebagainya. Mebel berfungsi untuk mendukung aktivitas sehari-hari di rumah, kantor, atau ruang lainnya, serta memperindah dan mengisi ruangan dengan berbagai perangkat yang fungsional dan estetis. Mebel dibuat dari berbagai bahan, termasuk kayu, logam, plastik, kain, kulit, atau gabungan dari beberapa bahan tersebut. Desain mebel juga sangat bervariasi, dari gaya klasik hingga modern, untuk memenuhi kebutuhan dan selera beragam pengguna. 

Pengrajin mebel adalah sosok yang terampil dan kreatif dalam menciptakan karya seni yang juga fungsional bagi kehidupan sehari-hari. Di antara para pengrajin mebel yang berbakat, ada seorang pria bernama Bapak Sumarno yang telah memulai perjalanan inspiratifnya dalam dunia bisnis mebel. Dengan dedikasi yang kuat dan hasrat untuk menciptakan karya-karya yang tak tertandingi, Bapak Sumarno berhasil mengangkat usaha mebelnya dari skala kecil menjadi salah satu produsen mebel terkemuka di Desa Demangrejo.

Dibalik setiap usaha yang sukses, terkadang terdapat kisah menarik tentang dedikasi, ketekunan, dan semangat mewarisi tradisi keluarga. Hal ini juga berlaku dalam perjalanan inspiratif Bapak Sumarno yang usahanya bermula dari warisan turun temurun. Sejak masa muda, Bapak Sumarno telah menunjukkan minat dan bakatnya dalam seni dan kerajinan tangan. Ketekunan dan ketertarikannya pada kayu dan desain mebel membawanya belajar dari sang Ayah, mengasah keterampilannya secara mandiri, dari potongan kayu yang sederhana hingga karya seni.

Kualitas menjadi kunci utama dalam filosofi bisnis Bapak Sumarno. Setiap potongan kayu dipilih dengan cermat, dan setiap tahap produksi diawasi dengan teliti untuk memastikan keunggulan dalam setiap produk yang dikeluarkan. Kayu yang digunakan dalam pembuatan produk mebel ini antara lain kayu jati, mahoni, dan akasia yang didapat dari hutan di sekitar Desa Demangrejo yang dimiliki oleh warga. Bapak Sumarno juga terus mengikuti perkembangan tren dan selera pasar dalam dunia desain mebel. Dengan menggabungkan sentuhan tradisional dan inovasi modern, ia terus menciptakan karya-karya yang relevan dengan zamannya. Produk yang banyak diminati oleh konsumen biasanya adalah kebutuhan mebel untuk perlengkapan rumah seperti meja dan kursi, jendela, pintu, dan kusen rumah. 

 

Gambar Usaha Mebel Bapak Sumarno (Sumber: Dokumentasi KKN-PPM UGM 2023)

Keberhasilan Bapak Sumarno bukanlah kebetulan semata, melainkan hasil dari dedikasi, kerja keras, dan cinta pada seni mebel. Semangat wirausaha yang telah membawanya melewati berbagai hambatan yang dihadapi oleh usaha mebel Bapak Sumarno seperti ketika pandemi COVID-19 atau Corona menyebar di seluruh dunia tentunya sangat signifikan. Pandemi ini telah memberikan dampak besar pada banyak sektor bisnis, termasuk industri mebel. Meskipun menghadapi banyak hambatan, kisah perjuangan Bapak Sumarno dalam mengatasi tantangan pandemi COVID-19 adalah cerminan dari keteguhan dan ketahanan usaha yang kokoh. Dengan kreativitas, inovasi, dan adaptasi, usaha mebel Bapak Sumarno dapat tetap bertahan dan bahkan tumbuh dalam menghadapi situasi sulit ini.

Setelah 23 tahun berkecimpung dalam dunia usaha mebel, Bapak Sumarno merenungkan perjalanan panjangnya dengan rasa syukur dan kebanggaan. Ia menyadari bahwa setiap karya mebelnya tidak hanya berisi keterampilan dan kreativitas, tetapi juga mengandung sejarah keluarga dan nilai-nilai luhur yang ingin ia wariskan kepada generasi mendatang.

Kisah Bapak Sumarno adalah inspirasi bagi banyak pengusaha muda dan generasi penerus di industri mebel. Ia membuktikan bahwa dengan memegang teguh warisan keluarga, berinovasi, dan berkomitmen untuk kualitas yang unggul, usaha mebel yang berawal dari bisnis keluarga dapat berkembang menjadi kejayaan yang tak tergoyahkan di tengah pesatnya arus modernisasi.

Artikel ini ditulis oleh Putri Azahra Prawira (KKN- PPM UGM 2023)

"demangrejo semakin keren terus bebenah menuju desa makmur sejatera
antonius gunardi 09 Agustus 2023
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image