You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Demangrejo
Kalurahan Demangrejo

Kap. Sentolo, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Demangrejo -- Perjuangan Bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia! .

Beternak Sukses Ayam Petelur

UGM 10 Agustus 2023 Dibaca 759 Kali
Beternak Sukses Ayam Petelur

Kalurahan Demangrejo merupakan salah satu desa yang terletak di Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalurahan ini memiliki berbagai macam potensi yang dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satu potensi yang ada di Kalurahan Demangrejo adalah peternakan ayam petelur Bapak Gunawan yang terletak di Padukuhan Karang Patihan.

Peternakan ayam petelur ini telah dirintis mulai tahun 2005 dan merupakan peternakan milik pribadi atau tidak bermitra dengan suatu perusahaan. Meskipun banyak melewati rintangan seperti ayam terinfeksi wabah penyakit yang menyebabkan kerugian yang cukup besar, tetapi peternakan ayam petelur Bapak Gunawan mampu bertahan hingga saat ini. 

Ayam petelur yang dipelihara merupakan ras ayam petelur coklat. Populasi ayam petelur produktif berjumlah 1000 ekor dan ayam umur satu bulan sebanyak 500 ekor. Ayam dipelihara dengan menggunakan sistem kandang baterai dan open housed. Pakan ayam yang diberikan berupa campuran jagung, bekatul, dan konsentrat. Ayam yang sudah tua dan tidak mampu memproduksi telur akan diafkir setelah kurang lebih berumur dua tahun. Ayam afkir akan dijual kepada masyarakat dan pedagang yang akan mengambil langsung dari peternakan.

Telur yang dapat diproduksi selama satu hari dapat mencapai 45 butir telur atau sebesar lima hingga enam kilogram. Selanjutnya, telur tersebut dijual kepada masyarakat sekitar Kalurahan Demangrejo dan pedagang yang akan mengambil telur langsung di peternakan tersebut. Harga jual dari peternakan sebesar Rp28.000 setiap satu kilogram. Harga jual telur langsung dari peternakan relatif lebih rendah daripada di pasaran. Harga jual telur ayam di pasaran tidak stabil dan sering mengalami kenaikan harga ketika mendekati hari-hari besar seperti hari raya idul fitri.

Gambar Peternakan Ayam Petelur (Sumber: Dokumentasi KKN-PPM UGM 2023)

Penyakit yang sering menyerang peternakan ayam petelur tersebut adalah flu. Ayam atau DOC yang diambil dari poultry telah dilakukan vaksinasi. Vaksinasi dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan dan pengendalian penyakit.

Artikel ini ditulis oleh Rana Ayuningtyas (KKN- PPM UGM 2023)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image